Langsung ke konten utama

Postingan Berbayar Selebgram Harus Lapor Instagram


Instagram segera menerapkan fitur baru terkait konten beriklan. Peraturan ini sedikit banyak akan mengubah cara kerja selebriti di Instagram alias Selebgram.

Layanan milik Facebook, berupaya menekankan aspek trasnparansi terhadap sistem kerja konten berbayar. Pasalnya selama ini iklan yang terpampang di Instagram melalui akun selebgram sulit dibedakan.

Untuk mengakalinya, Instagram kini menyediakan label "Kemitraan berbayar dengan" bagi para selebgram yang ingin mempromosikan suatu produk. Menurut mereka label itu dapat mempertegas iklan yang disampaikan konten itu.

"Dengan menggunakan label 'Paid partnership with' di konten organis dan Instagram Stories, memudahkan kreator dan pengiklan hubungan kerja sama mereka, menjaga otensitas akun," tulis Instagram di blog mereka, Rabu (14/6).

Seperti diungkapkan di atas, label tersebut bisa dipakai baik untuk unggahan foto maupun di Story. Mereka berencana merilis fitur ini beberapa pekan ke depan.

Inisiatif yang mendorong transparansi ini tak sepenuhnya berasal dari Instagram. Sebelumnya sejumlah selebgram mendapat desakan dari komisi perdagangan Amerika Serikat (FTC) agar memperjelas hubungannya dengan merek yang mereka promosikan.

"Setelah memantau sejumlah postingan Instagram dari para selebriti, atlet, dan influencer lain, staf FTC mengirimkan lebih dari 90 surat yang mengingatkan mereka agar membuka dengan jelas hubungannya dengan produk yang mereka promosikan di media sosial," kata FTC dalam rilisnya 19 April lalu.

Cara beriklan di Instagram memang agak unik. Selain spot beriklan resmi dari Instagram sendiri, pengiklan kerap meminjam figur akun-akun berpengaruh dengan jumlah pengikut yang besar untuk mempromosikan produknya.

Saking besarnya peluang selebgram menuai pendapatan dari produk yang mereka pasarkan, mereka bahkan masuk ke dalam bidikan Dirjen Pajak.

Sebuah studi dari kantor pemasaran Mediakix menemukan bahwa 93 persen konten dari 50 selebgram dengan follower terbanyak minim informasi soal hubungannya dengan para pengiklan.

"Penting untuk memastikan bahwa komunitas bisa mudah mengenali kapan seseorang yang mereka ikuti dibayar untuk mengunggah konten itu," imbuh Instagram di blognya.

Sementara waktu fitur ini akan berfungsi secara opsional. Namun Instagram berencana membuat fitur ini wajib buat semua selebgram yang beriklan.
 

Source : www.cnnindonesia.com


Berita lain untuk kamu ⇊⇊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menghasilkan Foto Yang Keren Seperti Fotografer Pro

Kamu suka fotografi tapi gak punya kamera DSLR seperti yang digunakan para fotografer Pro? Jangan ambil pusing! Kali ini kita akan membahas beberapa tips menghasilkan foto yang keren seprti fotografer handal. Mau tahu apa saja? Mari kita simak. 1. Gunakan Mode Aperture Priority  Gunakan bukaan lebar atau nilai aperture angka kecil agar tetpa fokus pada objek yang difoto dan background menjadi blur. 2. Potretlah Golden Moment Atau Blue Hour Golden Moment sendiri ada dua macam yaitu saat sore menjelang malam dan pagi hari. Tunggulah sinar matahari dan cahaya bangunan setara, kemudian potretlah objek. Moment ini hanya berlangsung beberapa menit saja , jangan sampai kamu melewatkan moment ini. 3. Gunakan Burst Mode Untuk Memotret Gerakan Cepat Untuk menggunakan burst mode , setting kamera kamu terlebih dahulu. Berikut adalah yang harus di setting :  - Gunakan shutter speed cepat - Gunakan Aperture Besar (angka ...

Teknologi Yang Populer 30 Tahun Lalu

Ini 5 Teknologi yang Populer 30 Tahun Lalu Liputan6.com , Jakarta -  Teknologi sekarang ini tak dimungkiri bisa hadir karena pengembangan yang dilakukan jauh sebelumnya. Salah satu yang disebut-sebut sebagai masa kehadiran beragam teknologi anyar adalah tahun 1980-an. Dalam kurun waktu tersebut, sejumlah penemuan dan pengembang teknologi berhasil mencapai puncaknya. Tak sedikit produk yang ada saat ini adalah hasil pengembangan dari tahun tersebut.  Karenanya, menarik melihat sejumlah teknologi yang populer pada 1980-an, khususnya pada tahun 1987 karena saat itu beragam produk teknologi anyar lahir. Lantas apa saja produk tersebut, simak daftarnya seperti dikutip dari  CNET , Selasa (11/4/2017) berikut ini: 1. Windows 2.0 Pertama kali diperkenalkan pada 9 Desember 1987, Windows 2.0 dari  Microsoft  merupakan sistem operasi yang sangat populer. Windows 2.0 merupakan Windows pertama yang memungkinkan...

Teknologi Dulu VS Sekarang

Dewasa ini kita telah  dimudahkan oleh teknologi . Bahkan sejak masuk era  Internet of Things , teknologi benar-benar mempermudah hidup kita. Kemajuan zamanlah yang membuat semua aspek kehidupan kita terus berkembang. Tapi tahukah kamu bagaimana bentuk awal suatu teknologi yang sekarang telah berkembang pesat? Biar kamu tahu bagaimana pesatnya teknologi telah berkembang,  yuk  simak bedanya teknologi antara dulu dan sekarang. 1. Dari handphone yang ukurannya besar dan berbahan plastik jadi handphone tipis berbahan metal.  2. Televisi tebal dengan layar kecil menjadi tipis dengan layar yang lebar. 3. Apakah kamu tahu bentuk mouse pada jaman dulu seperti apa? 4. Sebelum menjadi laptop yang bisa dibawa ke mana-mana ternyata komputer dulu bisa bikin kamar kamu penuh! 5. Printer yang awalnya hanya untuk mencetak tinta, sekarang bisa cetak lilin! Printer 3D memang teknologi canggih yang tak terbantahkan. Bagaimana? perkemban...