Langsung ke konten utama

Kamu Fotografer Pemula? Pelajari Angle Dalam Fotografi Ini Dulu!


Angle dalam sebuah foto akan menentukan foto itu menarik atau tidak. Angle foto juga bisa memperkuat pesan yang ingin disampaikan dari foto tersebut namun bisa juga malah memperlemah. Mau tahu angle apa saja yang akan kita bahas? Ini dia!!

1. Eye View


Eye view atau sudut pengambilan sejajar dengan mata objek. Kamera dan lensa sejajar dengan objek yang akan di potret, biasnya angle ini digunakan untuk foto potret terhadap manusia. Terkadang, dalam travel fotografi pengambilan foto untuk mengabadikan aktivitas manusia, tekstur sebuah kota, atau interaksi dengan lingkungan sekitar kebanyakan menggunakan angle ini.


2. Low Angle



Low angle atau sudut pengambilan lebih rendah dari objek. Angle ini memberi kesan kemewahan, kekuatan, atau kebesaran. Fotografer menggunakan sudut pengambilan foto ini untuk memotret bangunan agar memberikan kesan yang megah dari bangunan tersebut. Juga pada sebagaian fotografer memanfaatkan low angle untuk memotret manusia.

3. High Angle


High angle atau sudut pengambilan dari atas objek.  Dengan high angle kita bisa memasukkan elemen pendukung objek yang akan kita abadikan kedalam frame. Kesan dari penggunaan sudut pengambilan foto ini akan memberikan kesan kecil atas objek foto. Pemanfaatan pengambilan foto dengan high angle juga bisa menghasilkan foto yang berbeda. Misalnya saat mengambil foto keramaian pasar, jalanan, atau lalu lintas di sebuah sungai.

4. Bird Eye


Menggunakan sudut pengambilan ini, sebagai fotografer kita bisa memberikan kesan yang luas dalam foto yang kita hasilkan, ibarat penglihatan seekor burung. Memotret dengan sudut pengambilan ini digunakan untuk membuat foto tentang suatu daerah, perkotaan, atapun menggambarkan lanskap.

5. Frog Eye


Memotret dengan angle frog eye, posisi kamera bisa saja sejajar dengan tanah. Hal ini biasanya digunakan untuk memotret objek yang posisinya berada di atas tanah. Sebagian fotografer bersusah payah mengambil foto dengan sudut pengambilan ini, tak jarang pula mereka tiarap untuk menghasilkan foto yang bagus.

Itulah beberapa angle dalam fotografi yang bisa pemula coba. Dari sebuah hal kecilah kamu bisa menjadi sesuatu yang besar.

(source: titikfokuskamera.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bingung Mau Pakai Tema Indoor Apa Yang Cocok Untuk Buku Tahunan Sekolah? Cek di Sini!

Hal yang paling penting dalam pembuatan buku tahunan sekolah adalah menentukan tema. Karena dari tema tersebut barulah kita akan dapat bebas berekspresi sesuai tema. Kebanyakan orang memilih untuk melakukan sesi pemotretan buku tahunan di luar ruangan ( outdoor ) seperti di tempat wisata , padahal jika dilakukan di dalam ruangan hasilnya nggak kalah keren lho. Kali ini kita akan membahas tema indoor keren yang bisa kamu terapkan di Buku Tahunan Sekolah kamu,  1. Musik Musik menjadi salah satu tema foto buku tahunan sekolah yang cukup sering digunakan. Beberapa lokasi foto yang digunakan ada yang outdoor ada pula yang di indoor. Tema musik yang biasanya digunakan adalah band. Kalau kamu ingin melakukan inovasi atau hal berbeda, kamu bisa mengambil tema musik orkestra 2. Penjajahan Jaman Dahulu Penjajahan memang identik dengan perang, yang biasanya dilakukan di luar. Tapi bisa juga kok kamu lakukan di indoor, misalnya kegiatan diskusi, penyusunan strategi, pe

Tips Menghasilkan Foto Yang Keren Seperti Fotografer Pro

Kamu suka fotografi tapi gak punya kamera DSLR seperti yang digunakan para fotografer Pro? Jangan ambil pusing! Kali ini kita akan membahas beberapa tips menghasilkan foto yang keren seprti fotografer handal. Mau tahu apa saja? Mari kita simak. 1. Gunakan Mode Aperture Priority  Gunakan bukaan lebar atau nilai aperture angka kecil agar tetpa fokus pada objek yang difoto dan background menjadi blur. 2. Potretlah Golden Moment Atau Blue Hour Golden Moment sendiri ada dua macam yaitu saat sore menjelang malam dan pagi hari. Tunggulah sinar matahari dan cahaya bangunan setara, kemudian potretlah objek. Moment ini hanya berlangsung beberapa menit saja , jangan sampai kamu melewatkan moment ini. 3. Gunakan Burst Mode Untuk Memotret Gerakan Cepat Untuk menggunakan burst mode , setting kamera kamu terlebih dahulu. Berikut adalah yang harus di setting :  - Gunakan shutter speed cepat - Gunakan Aperture Besar (angka kecil)

Ingin Fotomu Terlihat Aesthetic dengan Kamera Polaroid? Simak Tipsnya!

Kalian udah pada tau kamera polaroid kan? Itu lho, kamera instan yang kembali eksis di dunia fotografi setelah beberapa lama sempat ditinggalkan. Ya, kamera polaorid ini kamera yang penuh dengan tantangan. Mengapa begitu? karena hasil dari jepretan mu akan jadi dalam beberapa saat dan kamu tidak bisa leluasa untuk mengubah setting -an kamera.  Untuk itu, agar kamu semakin jago dalam fotografi polaroid, nih ada beberapa tips agar foto mu terlihat aesthetic. Check it out ! 1. Manfaatkan Pencahayaan Alami Kamera Polaroid tidak memberikan penggunanya kemudahan pengaturan ISO seperti pada kamera DSLR. Dengan sisi itu, kamera polaroid menuntut fotografer untuk bermain dengan cahaya natural alam sekitar. Dengan sering berlatih kamu pasti akan bisa memanfaatkan cahaya alami yang ada. 2. Gunakan Angle Unik Orang kebanyakan akan menggunakan angle yang itu-itu saja pada setiap fotonya, tapi tidak dengan orang kreatif. Orang-orang ini akan selalu bereksperimen me