Langsung ke konten utama

Hindari Aplikasi Palsu Berisi Malware dengan Cara Ini!


Berkat kemudahan sistem operasi dan pengembangan aplikasi Android terbaru yang diberikan oleh Android , sekarang ini banyak orang tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan benefit tersebut. Sebagai contoh, saat ini banyak beredar aplikasi Android palsu yang berisi malware. Beberapa hari terakhir, pengguna smartphone digegerkan oleh game Super Mario Run palsu berisi malware. Adakah salah satu dari kalian yang sudah menjadi korban? :v 

Nah untuk mengantisipasi kejadian ini terulang kembali pada smartphone mu, kalian bisa mencoba tips di bawah ini. Check it out!

1. Hindari Download APK Aplikasi Berbayar

Hacker dibuat diuntungkan oleh kebiasaan para pengguna smartphone sendiri yang sering men-download beragam aplikasi Android berbayar dengan mencari file APK dari aplikasi terkait. Jika pun kamu ingin mencoba aplikasi Android berbayar secara gratis, coba cara Refund di Google Play Store saja.

2. Jangan Asal Berikan Akses Admin

Banyak aplikasi Android meminta akses admin agar bisa berjalan dengan baik. Tapi ingat, jika kamu download APK dari sumber lain, jangan asal berikan akses admin loh! Apalagi jika berasal dari developer yang tidak terkenal.

3. Perhatikan Ukuran File

Saat tidak bisa download dari Google Play Store, pengguna Android bisa download dari toko aplikasi pihak ketiga. Tapi ingat, perhatikan selalu ukuran file disana. Jika ukuran filenya lebih besar drai aplikasi resmi, bisa saja sebagian filenya adalah malware.

4. Perhatikan Permission

Saat menginstall aplikasi baru pasti akan muncul permission. Perhatikan apa saja yang diminta akses oleh aplikasi tersebut. Jika ada aplikasi edit foto atau game offline minta akses ke kontak dan mobile data, kamu wajib curiga.

Bagi pengguna Android Marshmallow, kalian bisa dengan mudah mengatur permission aplikasi di menu Settings - Apps. Lalu cari App Permissions di masing-masing aplikasi yang kamu instal.

Nah guys, itu dia cara menghindari aplikasi palsu berisi malware. Semoga kalian lebih teliti dan cermat sebelum menginstall aplikasi apapun itu. 

(source: jalantikus.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bingung Mau Pakai Tema Indoor Apa Yang Cocok Untuk Buku Tahunan Sekolah? Cek di Sini!

Hal yang paling penting dalam pembuatan buku tahunan sekolah adalah menentukan tema. Karena dari tema tersebut barulah kita akan dapat bebas berekspresi sesuai tema. Kebanyakan orang memilih untuk melakukan sesi pemotretan buku tahunan di luar ruangan ( outdoor ) seperti di tempat wisata , padahal jika dilakukan di dalam ruangan hasilnya nggak kalah keren lho. Kali ini kita akan membahas tema indoor keren yang bisa kamu terapkan di Buku Tahunan Sekolah kamu,  1. Musik Musik menjadi salah satu tema foto buku tahunan sekolah yang cukup sering digunakan. Beberapa lokasi foto yang digunakan ada yang outdoor ada pula yang di indoor. Tema musik yang biasanya digunakan adalah band. Kalau kamu ingin melakukan inovasi atau hal berbeda, kamu bisa mengambil tema musik orkestra 2. Penjajahan Jaman Dahulu Penjajahan memang identik dengan perang, yang biasanya dilakukan di luar. Tapi bisa juga kok kamu lakukan di indoor, misalnya kegiatan diskusi, penyusunan strategi, pe

Ingin Fotomu Terlihat Aesthetic dengan Kamera Polaroid? Simak Tipsnya!

Kalian udah pada tau kamera polaroid kan? Itu lho, kamera instan yang kembali eksis di dunia fotografi setelah beberapa lama sempat ditinggalkan. Ya, kamera polaorid ini kamera yang penuh dengan tantangan. Mengapa begitu? karena hasil dari jepretan mu akan jadi dalam beberapa saat dan kamu tidak bisa leluasa untuk mengubah setting -an kamera.  Untuk itu, agar kamu semakin jago dalam fotografi polaroid, nih ada beberapa tips agar foto mu terlihat aesthetic. Check it out ! 1. Manfaatkan Pencahayaan Alami Kamera Polaroid tidak memberikan penggunanya kemudahan pengaturan ISO seperti pada kamera DSLR. Dengan sisi itu, kamera polaroid menuntut fotografer untuk bermain dengan cahaya natural alam sekitar. Dengan sering berlatih kamu pasti akan bisa memanfaatkan cahaya alami yang ada. 2. Gunakan Angle Unik Orang kebanyakan akan menggunakan angle yang itu-itu saja pada setiap fotonya, tapi tidak dengan orang kreatif. Orang-orang ini akan selalu bereksperimen me

Tips Menghasilkan Foto Yang Keren Seperti Fotografer Pro

Kamu suka fotografi tapi gak punya kamera DSLR seperti yang digunakan para fotografer Pro? Jangan ambil pusing! Kali ini kita akan membahas beberapa tips menghasilkan foto yang keren seprti fotografer handal. Mau tahu apa saja? Mari kita simak. 1. Gunakan Mode Aperture Priority  Gunakan bukaan lebar atau nilai aperture angka kecil agar tetpa fokus pada objek yang difoto dan background menjadi blur. 2. Potretlah Golden Moment Atau Blue Hour Golden Moment sendiri ada dua macam yaitu saat sore menjelang malam dan pagi hari. Tunggulah sinar matahari dan cahaya bangunan setara, kemudian potretlah objek. Moment ini hanya berlangsung beberapa menit saja , jangan sampai kamu melewatkan moment ini. 3. Gunakan Burst Mode Untuk Memotret Gerakan Cepat Untuk menggunakan burst mode , setting kamera kamu terlebih dahulu. Berikut adalah yang harus di setting :  - Gunakan shutter speed cepat - Gunakan Aperture Besar (angka kecil)